Minggu, 08 Januari 2012

Pengertian komunikasi

Pengertian Komunikasi 
Secara etimologis komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu cum , sebuah kata depan yang artinya dengan atau bersama dengan , dan kata units , sebuah kata bilangan yang berarti satu . Dua kata tersebut membentuk kata benda communio yang dalam bahasa inggris disebut dengan communion yang berarti kebersamaan , persatuan , federal gabungan , pergaulan atau juga hubungan . Karena untuk bercommunio diperlukan adanya usaha dan kerja , maka kata itu lalu dibuat kata kerja communicate yang berarti membagi sesuatu dengan seseorang , ganti - mengganti , membiarakan sesuatu dengan orang , memberitahukan sesuatu kepada seseorang , berbicara , bertukar pikiran , berhubungan , berteman . Jadi , komunikasi berarti pemberitahuan pembicaraan , percakapan , pertukaran pikiran atau hubungan ( Hardjana , 2003 ) . 
Longman Dictionary of Contemporary English memberikan definisi kata communicate sebagai upaya untuk membuat pendapat , mengatakan perasaan , menyampaikan informasi dan sebagainya agar diketahui atau dipahami oleh orang lain . Arti lainnya adalah berbagi atau bertukar pendapat , perasaan , informasi dan sebagainya . Sedangkan communication diartikan sebagai tindakan atau proses berkomunikasi . 

Dennis Murphy dalam bukunya Better Business Communication menyatakan komunikasi adalah seluruh proses yang dipergunakan untuk mencapai pikiran - pikiran orang lain . Sedangkan Harwood mendefinisikan komunikasi secara lebih teknis yaitu sebagai suatu proses untuk membangkitkan kembali memori - memori manusia . 
Masih banyak definisi lainnya yang dapat dikemukakan , akan tetapi sebenarnya pengertian komunikasi dapat disarikan sebagai suatu bentuk interaksi dengan orang lain yang berupa percakapan biasa , membujuk atau persuasi , mengajar , dan bernegosiasi .

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/careers/2198701-pengertian-komunikasi/#ixzz1irEGzGcU

0 komentar:

Posting Komentar