BAB I
PENGENALAN PADA
MANAJEMEN INFORMASI
PENDAHULUAN
Sistem Informasi Manajemen (SIM). Anda pasti
pernah mendengarnya. Dalam bayangan mungkin berhubungan dengan
perusahaan-perusahaan. besar. Pendapat ini memang tak salah, namun SIM
juga tak hanya sering digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan
seperti universitas juga menggunakan SIM. Sebenarnya apakah SIM itu?
SIM adalah serangkaian sub-sistem informasi
yang menyeluruh dan terkoordinasi yang secara rasional mampu
menstransformasikan data sehingga menjadi informasi dengan berbagai cara guna
meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer dasar
kriteria mutu yang telah ditetapkan . Dengan kata lain SIM adalah sebagai suatu
sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai
dengan kebutuhan yang sama. Dalam teori SIM, komputer bukan prasyarat mutlak
bagi sebuah SIM, namun dalam praktek SIM yang baik tidak akan ada tanpa bantuan
kemampuan pemrosesan computer. Bagaimanapun untuk melakukan koordinasi dalam
SIM akan lebih terbantu jika melibatkan computer.
Berbagai perusahaan kini memerlukan SIM.
Dengan pengelolaan SIM yang tepat, tentunya perusahaan berikut akan berkembang.
Namun meskipun telah mengeluarkan biaya yang besar, pengembangan SIM pada suatu
perusahaan tidak berhasil. Oleh karena itu diperlukan evaluasi apa sajakah yang
dapat menyebabkan kegagalan pada pengembangan SIM tersebut.
Management Information System (MIS) yang biasa
disebut system informasi manajemen adalah suatu system manusia-mesin yang
terpadu, guna menyediakan informasi yang mendukung proses, manajemen, dan
fungsi pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
- Komponene Pembangun MIS
- Hardware
Digunakan
untuk melaksanakan kegiatan input > proses > output
- Software
Program
komputer yang dijalankan pada Hardware
-
System software
-
Application Software
- Database
Software
aplikasi khusus yang dibangun untuk mengorganisasikan data dan informasi pada
proses operasi suatu organisasi.
- Infrastructure
Peralatan
yang digunakan untuk menghubungkan perangkat keras yang terpisah, seperti :
-
peralatan telekomunikasi
-
jaringan (network)
-
internet
- People ( manusia )
- Prosedur
- Aturan untuk mengembangkan dan menggunakan system informasi.
- Model
- Abstraksi dari kenyataan. Semua model didasarkan pada asumsi. Seperti : kondissi pasar dan legal restriction. Asumsi harus bersifat konsisten.
- Tipe Sistem Informasi
- Executive Support System ( ESS ) : Sistem Pendukung Ekseskutif
Masuk dalam level Strategis, adalah system
informasi yang mengarah pada pengambilan keputusan yang tidak terstruktur
melalui tampilan grafik dan komunikasi.
- Management Information System ( MIS ) : Sistem Informasi Manajemen
Masuk dalam level Manajemen, adalah suatu
system manusia-mesin yang terpadu, guna menyediakan informasi yang mendukung
proses, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.
- Decision Support System (DSS) : Sistem Penunjang Keputusan
Adalah Sistem informasi pada level amanjemen
yang mengabungkan anatar data dan model analisis mutakhir atau peralatan untuk
menganalisis data yang mendukung proses pengambilan keputusan semi terstruktur
maupun terstruktur.
- Office Automation System (OAS) : Sistem Automatisasi Perkantoran
Sistem computer seperti word processing,
system e-mail dan system penjadwalan yang dirancang untuk meningkatkan
produktifitas karyawan khususnya data worker di perusahaan tersebut.
- Transaction Procesing System (TPS) : Sistem Pemrosesan Transaksi
Sistem komputerisasi yang menjalankan dan
menyimpan data transaksi rutin harian yang diperlukan untuk kelangsungan organisasi.
- Klasifikasi Sistem Informasi Berdasarkan Area Fungsional
- Sistem Informasi Akuntansi & Keuangan
Sistem
yang menjaga arus dana dan aset financial dari perusahaan.
- Sistem Informasi Manufaktur
Sistem yang berhubungan dengan perencanaan,
pengembangan dan proses produksi dari produk dan layanan serta pengawasan arus
produksi.
- Sistem Penjualan dan Pemasaran
Sistem yang dapat membantu perusahaan dalam
mengidentifikasi pelanggan, mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan
kebutuhan pelanggan, mempromosikan produk dan layanan, menjualnya dan
menyediakan dukungan bagi pelanggan.
- Sistem Sumber Daya Manusia
Sistem yang menjaga data karyawan, kehlian
masing-masing karyawan, performa kerja dan mengadakan pelatihan serta membantu
perencanaan kompensasi dan pengembangan karir karyawan.
1.2
Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan
Ada 2 alasan kenapa para manajer sekarang ini, memberikan perhatian yang semakin besar terhadap manajemen informasi.
- Alasan
pertama: Kompleksitas kegiatan bisnis yang semakin meningkat yaitu:
1. Pengaruh Ekonomi Internasional
2. Persaingan Dunia
3. Kompleksitas Teknologi yang Meningkat
4. Batas waktu yang Singkat
5. Kendala kendala Sosial
- Alasan kedua: Kemampuan komputer yang semakin baik.
- meningkatnya kekompleksan tugas manajemen bisa di bilang akibat tuntan pekerjaan yang Terus bertambah dan terus menuntut untuk jauh lebih baik.keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya sngat tergantung pada kemampuan orang yang mengelola organisasi tersebut .manajemen sebagai suatu metode yang mengatur,mengelola organisasi dpapt di artikan sebagai seni melaksanakan sesuatu melalui orang,jika manajemen suatu organisasi baik maka akan meningkatkan kemakmuran suatu negara.
- keberadaan alat untuk memecahkan persoalan dalam perusahaan itu sangat penting untuk Memudahkan dalam pengerjaan pekerjaan.untuk memudahkan pekerjaan dibutuhkan alat seperti komputer.gagasan untuk menggunakan komputer sebagai sistem manajemen informasi merupakan suatu terobosan besar,karena menyadari bahwa para manajer membutuhkan informasi untuk pemecahan masalah.
1.3
Peranan manjer dalam pengelolaan manajemen informasi
Sumber
daya manajemen ada 2:
- Sumber daya fisik : manusia,mesin,material,uang.
- Sumber daya konseptual : informasi(termasuk data).
Peranan
manajer mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan secara efektif. Sebagai
tindak lanjut dari peranan manajer maka perlu adanya usha penataan sumber daya
termasuk didalamnya manajemen informasi yakni berupa:
- Sumber daya harus di susun sedemikian rupa sehingga setipa saat di perlukan dapat segera di manfaatkan dan perlu dilakukan modifikasi.
- sumber daya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.
- sumber daya harus selalu diperbaharui.
- Keterampilan Manajemen
Keterampilan
manajemen ada 2 :
1.
keahlian komputer
2.
keahlian informasi.
di jaman yang sudahMengandalkan teknologi
serba canggih ini,komputer adalah alat yang wajib bisa di kuasai. Karena hampir
semua perusahaan menggunakan komputer untuk menjalankan pekerjaan.
- Manajer dan system perusahaan
Manajer dan sistem informasi,sistem adalah
sekelompok elemen-elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai
tujuan tertentu,contoh:perusahaan manufaktur.setiap system memiliki btas-batas
luar yang memisahkannya dari lingkungannya.tidak semua sistem memiliki
kombinasi elemen sistem yang sama,namun secara umum bisa di gambarkan terdiri
dari sumber daya input(masukkan),proses transformasi dan sumberdaya
output(keluaran).
1.4
Data dan informasi
Data dan informasi merupakan suatu sumberdaya
yang utamasecara konseptual,yang keduanya pada umumnya merupakan hal yang
saling berbeda.data terdiri dari fakta dan angka dari berbagai sumber dalam
dunia nyata menyangkut entitas manusia,objek dan kejadian yang bisa bersifat
kualitatif dan kuantitatif serta bersifat internal maupun eksternal.Informasi
adalah data yang telah diolah sehingga punya arti bagi pemakai.Pengolah
informasi mengubah data menjadi Informasi dan merupakan salah satu elemen kunci
dalam sistem konseptual.
1.5
Komputer sebagai elemen dalam sistem informasi
Komputer
adalah elemen yang penting dalam sistem informasi untuk mengubah data yang
sudah ada menjadi informasi bagi manajer dan pemakai informasi yang lain.
1.6
Evolusi sistem informasi berbasis computer
- Fokus data (SIA/EDP)
Di dukung dengan munculnya punched card dan
keydriven bookkeeping machines ,dan perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan
informasi para manajernya .Aplikasi yang di gunakan sistem informasi akuntansi
(SIA).
- Fokus informasi (SIM)
Aplikasi
komputer harus di terapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi.
- Fokus pada pendukung keputusan (SPK)
Sistem
informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus di pecahkan
oleh manajer dan keputusan yang harus di buat oleh manajer.
- Fokus konsultasi (sistem pakar)
Sebuah perangkat lunak komputer yang memiliki
basis pengetahuan untuk domain tertentu dan menggunakan penalaran inferensi
menyerupai seorang pakar dalam memcahkan masalah.
1.7
Upaya pencapaian sistem informasi berbasis komputer
Sistem informasi berbasis komputer berkembang
melalui tahapan-tahapan,analisis,rancangan,penerapan, dan
penggunaan.Tahapan-tahapan tersebut dinamakan siklus hidup sistem dan dapat
dilakukan oleh pemakai sendiri atau pemakai bekerja sama dengan spesialis informasi.
Sumber
:
http://duniabaca.com/
0 komentar:
Posting Komentar