Rabu, 13 Maret 2013

Pulau terluar di Indonesia berbatasan dengan negara lain


Republik Indonesia adalah Negara kepulauan berwawasan nusantara, sehingga batas wilayah di laut harus mengacu pada UNCLOS (United Nations Convension on the Law of the Sea) 82/ HUKLA (Hukum laut) 82 yang kemudian diratifikasi dengan UU No. 17 Tahun 1985. Indonesia memiliki sekitar 17.506 buah pulau dan 2/3 wilayahnya berupa lautan.
Dari 17.506 pulau tersebut terdapat Pulau-pulau terluar yang menjadi batas langsung Indonesia dengan negara tetangga. Berdasarkan hasil survei Base Point atau Titik Dasar yang telah dilakukan DISHIDROS TNI AL, untuk menetapkan batas wilayah dengan negara tetangga, terdapat 183 titik dasar yang terletak di 92 pulau terluar, sisanya ada di tanjung tanjung terluar dan di wilayah pantai. Dari 92 pulau terluar ini ada 12 pulau yang harus mendapatkan perhatian serius.

Berikut ini adalah 8 pulau terluar di Indonesia yang berbatasan dengan negara lain di wilayah maluku.
   


Pulau Ararkula

Pulau Ararkula berdasarkan perpres 78 tahun 2005 merupakan salahsatu pulau terluar di Indonesia. Namun secara fisik pulau tersebut hanyalah gosong pasir. Pulau Ararkula ini tidak berpenghuni. Pulau Ararkula (nama lokalnya yaitu Pulau Konan Danar) menjadi tempat singgah dan tempat tinggal sementara bagi masyarakat dari desa-desa sekitar (khususnya desa Salmona/Selemona) yang sedang mencari hasil laut, dengan mendirikan bangunan-bangunan ukuran kecil dari kayu dan atapnya dari daun kelapa. Pulau ini ditumbuhi berbagai macam vegetasi, seperti pohon kelapa, sagu, mangrove dan lain-lain.
Secara administrasi, Pulau Ararkula termasuk dalam wilayah Desa Selmona Kecamatan Aru utara, kabupaten Kepulauan Aru. Secara Geografis, Pulau Ararkula terletak pada titik koordinat 050 36’ 15,17” LS ; 1340 50’ 46,29” BT. Di Pulau ini terdapat Titik Dasar No. TD 097A dan Titik Referensi No. TR 097.

  1. 2. Pulau Karawiera

Pulau Karaweira adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Aru dan berbatasan dengan negara Australia.Pulau Karaweira (berdasarkan Perpres No. 78 Tahun 2005), sebenarnya secara fisik merupakan hamparan pecahan karang mati yang tenggelam saat pasang. Pulau ini tidak berpenghuni dan oleh masyarakat setempat pulau ini disebut juga Pulau Kararai. Karaweira merupakan kelompok gugus pulau kecil yang terbagi atas dua bagian yakni Karaweira Besar (1 buah pulau yang bernama Karaweira Besar dengan luas 1, 781 km2) dan Karaweira Kecil (terdiri dari 6 buah pulau dan hanya 1 pulau yang diberi nama, yaitu Pulau Doriau dengan luas 0,3755 km2).
Secara administrasi, Pulau Karaweira termasuk dalam wilayah Desa Mariri, Kecamatan Aru Tengah, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Luas Pulau secara keseluruhan mencapai 0,6772 km2 dengan keliling pulau sepanjang 7,926 km. Secara geografis, letak Pulau Karang berada pada titik koordinat 060 00’ 09” LS ; 134o 54’ 26” BT.

  1. 3. Pulau Karang

Pulau Karang adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Aru dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Karang ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah selatan dari Pulau Aru dengan koordinat 7° 1′8″ LS, 134° 41′26″ BT.


  1. 4.Pulau Enu

Pulau Enu adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Arafuru dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Enu ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, provinsi Maluku, Indonesia. Pulau ini berada di sebelah selatan dari Pulau Aru dengan koordinat 7° 6′14″ LS, 134° 31′ 19″ BT.


5. Pulau Selaru

Pulau Selaru adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Timor dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Selaru ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah selatan dari Pulau Jamdena dengan koordinat 8° 10′17″ LS, 131° 7′31″ BT (batas bagian paling luarnya).


  1. 6.      Pulau Kisar

Pulau Kisar adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Selat Wetar dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Kisar ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya, provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari pulau Timor dengan koordinat 8° 6′ 10″ LS, 127° 8′ 36″ BT.
Pulau Kisar telah memiliki lapangan terbang dan landasan pacu yang bernama Bandara John. J. Bakker yang rencananya akan diperpanjang dari 800 meter menjadi 1300 meter untuk mendukung program Sail Banda untuk sementara lapangan terbang ini hanya bisa digunakan oleh pesawat kecil jenis Cassa 212 dengan kapasitas maksimal 18 orang, rencananya lapangan terbang akan diperpanjang agar bisa digunakan oleh pesawat Wings jenis ATR 82 dengan kapasitas 40 tempat duduk.

7. Pulau Wetar
Pulau Wetar adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Banda dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Wetar ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Maluku Barat Daya, provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah utara dari negara Timor Leste dengan koordinat 7° 56′ 50″ LS, 126° 28′ 10″ BT.
Beberapa puluh tahun yang lalu di pulau ini ada tambang emas PT.PLM (Prima Lirang Mining), setelah cadanagan emasnya menipis, mesin-mesin yang digunakan untuk menambang emas di beli oleh PT.Nusahalmahera Mineral.
Dipertengahan 2008, Finders Resourcess (sebuah perusahaan mining Australia) menemukan kandungan tembaga dan mulai mendirikan tambang pada tahun ini. Sebagi pilot project, tambang yang dibangun tidak besar. Mesin yang digunakan juga mesin bekas dari tambang lain, ada banyak alat yang diperbaharui dan di midfikasi.

8. Pulau Larat

Sebuah kampung di pulau Larat (sekitar 1915)
Pulau Larat adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Aru dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Larat ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah timur laut dari Pulau Jamdena dengan koordinat 7° 14′26″ LS, 131° 58′49″ BT (batas bagian paling luarnya).

sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Selaru
http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Karang
http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Ararkula
http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Karaweira
http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Enu
http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Kisar
http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Wetar
http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Larat
http://www.geomatika.its.ac.id/lang/id/archives/774













                    


0 komentar:

Posting Komentar