Struktur Organisasi PT.PLN (PERSERO)
Struktur Organisasi PT PLN (Persero)
Berdasarkan keputusan Direksi PT PLN (Persero) NO.161.K/010/DIR/2000, maka struktur organisasi yang ada pada PT PLN Distribusi Jaya dan Tangerang adalah sebagai berikut:
Gambar III.I
Struktur Organisasi
PT.PLN (PERSERO)
Manajer Area Pelayanan
Tanggung Jawab Utama
1. Menyusun program pemasaran untuk meningkatkan penjualan tenaga listrik.
2. Mengkoordinasikan proses penyambungan dan tambah daya dengan area jaringan untuk mempercepat proses pelayanan.
3. Mengelola kegiatan pembacaan meter serta proses pembayran rekening.
4. Mengelola penanganan keluhan pelanggn untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Wewenang Jabatan
1. Menetapkan kelayakan sebagai pelaanggan baru PLN.
2. Memutuskan sebagai pelanggan.
3. Mengusulkan pegawai baik mutasi maupun rotasi sebagai pengembangan SDM.
4. Menentukan target pendapatan unit.
Asisten Manajer Pemasaran dan Pelayanan
Tanggung jawab utama
1. Memfasilitasi tempat pelayanan pelanggan yang representative.
2. Menjalin proses pelaksanaan pelayanan dilakukan dengan baik dan lancar.
3. Menandatangani Work Order Survey untuk area jaringan dan bidang terkait di area pelayanan.
4. Mengkoordinir negosiasi dengan pelanggan atau calon pelanggan untuk mengadakan kesepaktan penyambungan baru atau perubahan daya atau tarif sesuai batas kewenangan.
Wewenang jabatan
Pelayanan pelanggan.
Asisten Manajer Bidang Pembacaan Meter
Tanggung Jawab Utama
1. Merencanakan jadwal dan rute pembacaan meter, memelihara Rute Baca Meter (RBM) untuk keakurasian baca meter.
2. Merencanakan strategi pembacan meter untuk pencapaian target kWh Jual yang telah ditetapkan sesuai target kinerja.
3. Merencanakan sarana dan perlengkapan untuk kelancaran kegiatan pembacaan meter.
Wewenang Jabatan
1. Menetapkan kegiatan pembacaan meter.
2. Menentukan sampling baca meter pelanggan daya besar.
3. Menangani kWh booming.
Assiten Manager Bidang Komersial
Tanggung jawab utama
1. Merencanakan dan menyiapkan tempat pembayaran rekening listrik yang representative dan berkoordinasi dengan bidang terkait serta menyiapkan kontrak kerjanya.
2. Mengevaluasi dan mengklarifikasi kebenaran Proses Penghitungan Tagihan Listik.
3. Memeriksa dan menganalisis Laporan Penjualan Tenaga Listrik Bulanan (TUL III-09).
4. Memerikasa dan menganalisis Laporan Piutang Pelangaran Lancar (TUL IV-04).
Wewenang jabatan
1. Pengelolaan Payment Point.
2. Pembuatan dan Proses Rekening.
3. Pembukuan Piutang Pelanggan.
4. Pengawasan Piutang Pelanggan.
Asisten Manajer Bidang Administrasi dan keuangan
Tanggung Jawab Utama
1. Merencanakan dan mengevaluasi data dari semua bidang serta menyusun dan mengajukan usulan anggaran dalam satu tahun.
2. Mengajukan permintaan tambahan alokasi tunai dan permohonan dropping.
3. Mengelola dan mengendalikan anggaran.
4. Mengevaluasi laporan Realisasi Anggaran Tunai (RAT), cash flow dan laporan sejenis dari system aplikasi keuangan yang digunakan.
Wewenang Jabatan
1. Mengkaji laporan-laporan pelaksanaan Administrasi dan Keuangan.
2. Mengusulkan pengembangan SDM unit.
3. Mengadakan transaksi dengan pihak ketiga.
4. Mengelola dan mengendalikan keuangan.
Asisten Manajer Bidang Pengendalian Proses dan PJU
Tanggung Jawab Utama
1. Mengevaluasi dan menetapkan sasaran pemeriksaan dan Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) berdasarkan informasi Internal dan Eksternal untuk Penekanan Susut Non Teknis.
2. Menetapkan Jenis Pelanggaran sesuai aturan yang berlaku untuk menentukan besarnya Tagihan Susulan (TS).
3. Melakukan kesepakatan penyelesaian berdasarkan Berita Acara Pemeriksaan Penggunaan Tenaga Listrik (P2TL) pada pelanggan untuk mencapai kesepakatan penyelesaian pembayaran yang dituangkan dalam Surat Pengakuan Hutang (SPH) yang bermaterai cukup.
Wewenang Jabatan
1. Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL).
2. Administrasi P2TL.
3. Pengaduan pelanggan.
Visi & Misi
Visi
Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang, Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani.
Misi
- Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.
- Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
- Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi.
- Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.
Moto
Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik
Struktur Perusahaan
Unit Bisnis PLN tersebar di Indonesia
UNIT BISNIS | UNIT BISNIS |
- PLN Wilayah Nanggroe Aceh Darussalam | - PLN Proyek Induk Pembangkit dan Jaringan Sumatera Utara dan Aceh |
- PLN Wilayah Sumatera Utara | - PLN Proyek Induk Pembangkit dan Jaringan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara |
- PLN Wilayah Sumatera Barat | - PLN Proyek Induk Pembangkit dan Jaringan Sumatera Selatan-Sumatera Barat |
- PLN Wilayah Riau | - PLN Proyek Induk Pembangkit dan Jaringan Kalimantan |
- PLN Wilayah Lampung | - PLN Proyek Induk Pembangkit dan Jaringan Sulawesi |
- PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu | - PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Utara |
- PLN Wilayah Bangka Belitung | - PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan |
- PLN Wilayah Kalimantan Barat | - PLN Pembangkitan Muara Tawar |
- PLN Wilayah Kalimantan Timur | - PLN Pembangkitan Tanjung Jati B |
- PLN Wilayah Kalimantan Selatan & Tengah | - PLN Pembangkitan Cilegon |
- PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur | - PLN Penyaluran & Pusat Pengatur Beban Jawa Bali |
- PLN Wilayah Maluku & Maluku Utara | - PLN Penyaluran & Pusat Pengatur Beban Sumatra |
- PLN Wilayah Nusa Tenggara Barat | - PLN Jasa Pendidikan dan Pelatihan |
- PLN Wilayah Papua | - PLN Jasa Enjiniring |
- PLN Wilayah Sulawesi Selatan & Tenggara & Barat | - PLN Jasa dan Produksi |
- PLN Wilayah Sulawesi Utara, Tengah & Gorontalo | - PLN Penelitian dan Pengembangan |
- PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tanggerang | - PLN Jasa Manajemen Konstruksi |
- PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten | - PLN Jasa Sertifikasi |
- PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta | |
- PLN Distribusi Jawa Timur | |
- PLN Distribusi Bali |
Anak Perusahaan PLN dan bidang usahanya
NAMA PERUSAHAAN | BIDANG USAHA |
PT Indonesia Power (PT IP) | Pembangkitan tenaga listrik dan usaha lain yang terkait |
PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) | Pembangkitan tenaga listrik dan usaha lain yang terkait |
PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PT PLN Batam) | Penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan umum di Pulau Batam |
PT Indonesia Comnets Plus (PT ICON+) | Telekomunikasi |
PT Prima Layanan Nasional Enjiniring (PT PLN Enjiniring) | Konsultan enjiniring |
PT Perusahaan Listrik Nasional Tarakan (PT PLN Tarakan) | Penyediaan tenaga listrik bagi kepentingan umum di Pulau Tarakan |
PT PLN Batu Bara | Penyedia batubara bagi PLTU PLN |
PT PLN Geothermal | Penyediaan tenaga listrik terbarukan melalui pengembangan dan pengoperasian Pembangkit Tenaga Listrik Panas Bumi |
PT Geo Dipa (PT GDE) | Penyediaan tenaga listrik melalui pengoperasian Pembangkit Tenaga Listrik Panas Bumi |
Majapahit Holding BV | Keuangan |
PT Cogindo Daya Bersama | Cogeneration, distributed generation dan jasa, operation & maintenance |
PT Pembangkitan Jawa Bali Services | Operasi dan pemeliharaan pembangkit |
PT Artha Daya Coalindo | Trading dan jasa transportasi batu bara |
PT Indo Pusaka Berau | penyediaan listrik dari produksi PLTU Lati di Berau, Kaltim |
sumber : http://www.pln.co.id
0 komentar:
Posting Komentar