Bab 5 & 6 Organisasi
Pengertian Organisasi
Perkataan organisasi berasal dari istilah
yunani organon dan istilah latin organum yang berarti alat, bagian, anggota
atau badan. Dalam literatur dewasa ini, arti organisasi beraneka ragam,
tergantung dari sudut mana ahli yang bersangkutan melihatnya. Walaupun
demikian, perbedaan arti tersebut dapat kita golongkan kedalam salah satu dari
dua pendapat mengenai organisasi tersebut.
James D.
Mooney
mengatakan, “ organisasi adalah bentuk
setiap perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama”, sedang Chester I Barnard memberi pengertian
organisasi sebagai suatu sistem dari aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh
dua orang atau lebih.
Ada tiga ciri dari suatu organisasi, yaitu:
1. Adanya sekelompok orang
2. Antar
hubungan terjadi dalam suatu kerja sama yang harmonis
3. Kerja
sama didasarkan atas hak, kewajiban, dan tanggung jawab masing-masing orang
untuk mencapai tujuan.
Bentuk-Bentuk Organisasi
Menurut pola hubungan kerja, serta lalu
lintas wewenang dan tanggung jawab, maka bentuk-bentuk organisasi itu dapat
dibedakan sebagai berikut:
a. Bentuk organisasi garis
Organisasi
garis adalah organisasi yang tertua dan paling sederhan. Penciptnya adalah Henry Fayol dari prancis. Sering juga
disebut bentuk organisasi militer karena digunakan pada zaman dahulu di
kalangan militer. Ciri-ciri bentuk organisasi garis adalah organisasi masih
kecil, jumlah karyawan sedikit dan saling kenal, serta spesialisasi kerja belum
begitu tinggi.
b. Bentuk organisasi fungsional
Organisasi
fungsional diciptakan oleh F.W.Taylor, di
mana segelintir pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap atasan
berwenang memberi komando kepada setiap bawahaan, sepanjang ada hubungannya
dengan fungsi atasan tersebut.
c. Bentuk organisasi garis dan staff
Bentuk organisasi ini pada umumnya dianut
oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang-bidang tugas
yang beraneka ragam serta rumit, serta jumlah karyawannya banyak. Pada bentuk
organisasi garis dan staf, terdapat satu atau lebih tenaga staff. Staff, yaitu
orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya memberi nasihat dan saran
dalam bidangeri nasihat dan saran dalam bidang tertentu yang tugasnya memberi
nasihat dan saran dalam bidangnya kepada pejabat pimpinan didalam organisasi
tersebut.
d. Bentuk organisasi fungsional dan staff
Bentuk organisasi staf dan fungsional
merupakan kombinasi dari bentuk organisasi fungsional dan bentuk organisasi
garis dan staf.
Skema Organisasi
sumber :
0 komentar:
Posting Komentar