MINGGU
|
POKOK BAHASAN
& TIU
|
SUB POKOK
BAHASAN & SASARAN BELAJAR
|
CARA PENGAJARAN
|
MEDIA
|
TUGAS
|
SUMBER
|
1
& 2
|
Arti
Pentingnya Organisasi dan Metode
TIU
:
Mahasiswa
mengetahui pentingnya organisasi dan metode
|
- Pengertian Organisasi
dan Metode
- Sejarah Organisasi
- Desain Organisasi
Formal dan Informal.
- Teory Organisasi
Sasaran Belajar
- Mahasiswa dapat
menjalaskan apakah yang dimaksud dengan istilah organisasi dan metode.
- Mahasiswa dapat
mengetahui sebab dari mengapa organisasi dan metode dibutuhkan oleh
manajemen.
- Mahasiswa dapat
mengambarkan fungsi pelayanan O & M
- Mahasiswa dapat
menjelaskan tentang sejarah timbulnya organisasi.
- Agar mahasiswa
memiliki dasar tentang organisasi tersebit.
|
Ceramah
|
OHP
Papan
Tulis
|
Mendeskripsikan
fungsi-fungsi pelayanan O & M pada organisasi tertentu.
|
1,3,7
|
3
|
Hubungan
antara Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja.
TIU
:
Mahasiswa
dapat mengetahui hubungan timbal-balik antara manajemen, organisasi dan tata
kerja.
|
1.
Hubungan Timbal balik antara Manajemen, Organisasi dan tata kerja.
2.
Fungsi satuan Organisasi dan Metode.
Sasaran Belajar :
- Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian secara umum dari manajemen.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan hubungan timbal-balik antara kegiatan dan kerja sama dengan
tujuan.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan mengapa dalam rangka menejemen harus ada organisasi.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan mengapa dalam rangka manajemen harus ada organisasi.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian secara umum dari tata kerja.
- Mahasiswa dapat
mengambarkan hubungan antara manajemen dan tata kerja.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian secara umum dari organisasi.
- Mahasiswa dapat
mengambarkan hubungan timbal balik antara organisasi dan tata kerja.
- Mahasiswa dapat
mengetahui fungsi satuan organisasi dan metode.
|
Ceramah
Diskusi
|
OHP
Papan Tulis
|
Membuat kerangka hubungan timbal balik antara
menejemen dan organisasi, Manajemen dan tata kerja, serta manajemen,
organisasi dan tata kerja.
|
1,6
|
4
|
Sistem
Perilaku Organisasi
TIU
:
Agar
mahasiswa dapat mengetahui system yang berhubungan dengan organisasi, serta
ruang lingkup organisasi.
|
- Hubungan Timbal-balik
antara manajemen, Organisasi dan Tata Kerja.
- Fungsi satuan
Organisasi dan Metode.
Sasaran
Belajar :
- Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian pengertian secara umum dari manajemen.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerja sama dengan
tujuan.
- Mahasiswa dapat
menjalaskan mengapa dalam rangka manajemen harus ada organisasi.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian secara umum dari tata kerja ( metode ).
- Mahasiswa dapat
,enunjukan tujuan daripada pemakaian tata kerja yang tepat.
- Mahasiswa dapat
mengambarkan hubungan antara manajemen dan tata kerja.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian secara umum dari organisasi.
- Mahasiswa dapat
mengambarkan hubungan timbal balik antara organisasi dan tata kerja.
- Mahasiswa dapat
mengetahui fungsi satuan organisasi dan metode.
|
Ceramah
Diskusi
|
OHP
Papan tulis
|
Mengklasifikasikan
kegiatan-kegiatan dalam organisasi yang masuk dalam Ruang Lingkup O & M (
Ambil contoh salah satu ( Organisasi) Perusahaan.
|
1,5,6
|
5
& 6
|
Organisasi
TIU
:
Mahasiswa
dapat memahami tentang organisasi.
|
- Tipe atau Bentuk
Organisasi
- Struktur atau Skema
Organisasi.
Sasaran
Belajar :
- Mahasiswa dapat
menyebutkan cirri-ciri daripada organisasi dengan mengingat pengertian
umum dari organisasi.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan definisi bentuk organisasi menurut beberapa ahli organisasi
manajemen.
- Mahasiswa dapat
menyebutkan hal-hal penting yang perlu dipenuhi dalam membentuk suatu
organisasi.
- mahasiswa dapat
menyebutkan cirri-ciri daripada organisasi yang sehat, tepat dan
sempurna.
- Mahasuiswa dapat
menjelaskan apa yang dimaksud dengan prinsip rasionalitas.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan pegertian dari spoil system, patronage system dan nepothisme
system.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan apa yang dimaksud dengan rrentang kendalai ( span of control
) dengan batasan-batasan.
- mahasiswa dapat
menyebutkan bentuk-bentuk organisasi dengan kebaikan serta keburukannya.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan apa yang dimaksud dengan skeme organisasi.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan manfaat skema organisasi.
- Mahasiswa dapat
menyebutkan syarat-syarat yang perlu diperhatikan dalam pembuatan skema
organisasi.
|
Ceramah
Diskusi
|
OHP
Papan tulis
|
Tugas
Kelompok membuat paper dengan tema, spoil system, Nephotisme system, spand of
control.
|
1,2,6
|
7
& 8
|
Dinamika
Organisasi
TIU
:
Mahasiswa
dapat memahami tentang dinamika organisasi.
|
- Dinamika konflik.
- Jenis dan sumber konflik
- Strategi penyelesaian
konflik.
- Motivasi.
- Teori motivasi
Sasaran Belajar :
- Mahasiswa dapat
meyebutkan hal-hal yang dapat mempengaruhi pergerakan atau proses
berjalannya suatu organisasi.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan hakekat konflik dan menyebutkan jenis-jenis konflik.
- Mahasiswa dapat
menyebutkan sebab-sebab timbulnya konflik organisasional.
- Mahasiswa dapat
menyebutkan bidang structural dalam organisasi dimana sering terjadi
konflik.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan perubahan terhadap kebijaksanaan, strategi, dan taktis dengan
memberikan contoh untuk masing-masing perubahan tersebut.
- Mahasiswa dapat
membedakan teori motivasi yang
diperkenalkan oleh Mc Gregor,
Abraham Maslow, David Mc Cellend, Herzberg.
|
|
OHP
Papan tulis
|
Cari
contoh organisasi yang sedang mengahadapi konflik dan mencari jalan
penmecahanya, sesuai dengan konsep- konsep yang ada.
Membuat
konsep motivasi di dalam Organisasi tersebut sesuai teori Abraham Maslow.
|
2,
3,5,7
|
9
&
10
|
Proses
Oraganisasi
TIU
:
Mahasiswa
dapat mengetahui bagaimana proses Organisasi.
|
- Proses mempengaruhi.
- Proses Pengambilan
Keputusan.
Sasaran belajar :
- Mahasiswa dapat
menjelaskan bagaimanakah proses mempengaruhi dapat berlangsung.
- Mahasiswa dapat
membedakan pengertian pengaruh dengan kekuasaan dan dengan wewenang.
- Mahasiswa dapat meyebutkan
beberapa beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk membahas
hubungan antara kekuasaan dan pengaruh.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan proses pengambilan keputusan.
- Mahasiswa dapat
menyebutkan dua buah model Fisher dalam prosesr pengambilan keputusan.
- Mahasiswa dapat
menyebutkan teknik-teknik pengambilan keputusan
|
Ceramah
Diskusi
|
OHP
Papan tulis
|
Membuat
pembedaan proses pengaruh berdasarkan kekuasaan dengan berdasarkan wewenang.
|
2,
7
|
11
|
Komunikasi
dalam Organisasi
TIU
:
Mahasiswa
dapat memahami bagaimana komunikasi dalam organisasi
|
- Pengertian Komunikasi
- Bagaimana menyalurkan
ide melalui konunikasi.
- Hambatan-hambatan
komunikasi.
Sasaran
Belajar :
- Mahasiswa dapat
menjelaskan mengapa komunikasi diperlukan dalam organisasi.
- Mahasiswa dapat
menyebutkan syarat-syarat terjadinya komunikasi yang baik.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan apa yang dimaksud dengan one way traffic dan two way
traffic.
- Mahasiswa dapat
menghitung jumlah arus tata hubungan yang ada dalam organisasi dengan
mengunakan rumus J.E Walters.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian komunikasi menurut para ahli.
- Mahasiswa dapat
menyebutkan unsure-unsur komunikasi.
- Mahasiswa dapat
menyebutkan macam-macam komunikasi yang dapat terjadi dalam organisasi
berikut contohnya.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan tahap-tahap yang dilalui dalam proses komunikasi.
- Mahasiswa dapat
mengambarkan hubungan komunikasi dalam koordinasi kerjasama.
- Mahasiswa dapat
mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi dalam berkomunikasi.
|
Ceramah
Diskusi
|
OHP
Papan tulis
|
Mempresentasikan
paper yang telah dibuat kemudian menklasifikasikan hambatan-hambatan dalam
komunikasi.
|
2,
7
|
12
|
Perkembangan
Pandangan Baru tentang Organisasi.
TIU
:
Mahasiswa
dapat mengetahui tentang pendangan baru organisasi.
|
- Arti pengembangan
Organisasi.
- Sejarah perkembangan
Organisasi.
- Karakteristik
Pengambangan Oragnisasi.
- Organisasi Masa
Depan.
Sasaran
Belajar :
- Mahasiswa dapat
mengetahui arti pengembangan organisasi.
- Mahasiswa dapat
membandingkan perkembangan organisasi saat ini dengan sejarah
organisasi.
- Mahasiswa dapat
mengenali karakteristik yang berhubungan dengan organisasi.
- Mahasiswa dapat
memahami perkembangan organisasi.
|
Ceramah
Diskusi
|
OHP Papan tulis
|
Membuat
“ Daur Hidup Organisasi “
|
3,4,7
|
13
|
Kepemimpinan
|
- Pengertian
- Tipe-tipe
Kepemimpinan
- Teori-Teori Kepemimpinan
Sasaran
Belajar :
- Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian kepemimpinan
- Mahasiswa dapat
mengerti tipe-tipe kepemimpinan.
- Mahasiswa dapat
menyebutkan gaya kepemimpinan yang berbeda-beda.
- mahasiswa dapat
mengetahui teori yang mendasari kepemimpinan.
- Mahasiswa dapat
menjelaskan fungsi dari pemimpin dalam organisasi.
|
Ceramah
Diskusi
|
OHP
Papan tulis
|
Analisis
kasus : klasifikasi gaya-gaya kepemimpinan.
|
2,3,7
|
0 komentar:
Posting Komentar